Beranda Post MTQ Provinsi Aceh, Kafilah Aceh Besar Paling Banyak Masuk Final, Dan Dipastikan Juara Umum

MTQ Provinsi Aceh, Kafilah Aceh Besar Paling Banyak Masuk Final, Dan Dipastikan Juara Umum

14
0
SHARE
MTQ Provinsi Aceh, Kafilah Aceh Besar Paling Banyak Masuk Final, Dan Dipastikan Juara Umum

Bidik Kasus,id, SIGLI – (Khairol) Kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-34 Provinsi Aceh di Kabupaten Pidie sudah menyelesaikan babak penyisihan dan semi final. Kafilah Aceh Besar terbanyak masuk final dari 23 kabupaten/kota di Aceh. Kalau data yang masuk kepantia, kata salah-satu peserta dari MTQ Aceh Besar kemunginkan kita juara Umum, Tapi bisa saja tidak karena masih banyak juara-juara kecil atau juara harapan yang diperoleh dari kabupaten lain lebih bnayak Juga, tapi kita lihat Besok Jum’at dan sabtu semoga Aceh Besar Juara.

Berdasarkan data sementara diperoleh  dari Sekretaris Panitia MTQ, Teuku Sabirin, Kamis, 26 September 2019, 16 kabupaten/kota sudah mengirimkan data kepada dirinya.  Sementara tujuh kabupaten/kota lainnya belum mengirimkan data. Walau sudah diminta pada liasion officer (LO), hingga saat ini belum dikirimkan. 

"Ini data yang dikirim dari LO masing-masing kafilah. Karena hanya mereka yang tahu datanya. Untuk sementara data yang kami terima dari 16 kabupaten," kata Teuku Sabirin.

 
Sulitnya mendapatkan data, lanjut Sabirin, karena saat tampil tidak disebutkan nama peserta dan asal kabupaten.  Sengaja dibuat seperti untuk menghindari kecurigaan curang dewan hakim dalam memberikan penilaian.  

"Jangankan kita, para dewan hakim tidak tahu peserta yang tampil berasal dari mana.  Karena hanya disebutkan nomor peserta ketika tampil," ungkap Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Pidie itu. “Hanya LO masing-masing daerah yang tahu peserta serta cabang masuk final”. 

Data sementara jumlah peserta yang berhasil dia peroleh dari 16 daerah: Aceh Besar sebanyak 23 peserta  masuk final,  Aceh Timur 16 peserta, Aceh Utara  15 peserta,  Pidie 14 peserta, Banda Aceh  13 peserta,  Lhokseumawe  8 peserta,  Aceh Tengah 6 peserta, Aceh Singkil 5 peserta,  Aceh Jaya  5 peserta,  Pidie Jaya  4 peserta,  Langsa  3 peserta,  Aceh Barat,  Abdiya, Aceh Selatan dan Aceh Tenggara masing-masing 2 peserta, Gayo Lues 1 peserta. 

Babak final, menurut Sabirin, akan digelar mulai hari ini hingga malam nanti. Untuk besok malam pembagian hadiah sekaligus penutupan. poltalsatu